Kembali ke Linux Mint 19.2 Tina

By | 25 Oktober 2019

MWI – Dan akhirnya sedikit musibah itupun muncul juga, setelah sebelumnya beberapa kali folder /srv/www/html menghilang tanpa sebab dan belum di ketahui penyebabnya, akhirnya hari ini 25 Oktober 2019 OpenSuSe Tumbleweed yang saya gunakan tidak dapat memuncul Desktop Environtment-nya (Gnome), hanya berhasil muncul melalui tty1-6 (terminal mode on), setelah sebelumnya dilakukan proses update kernel dan memunculkan error beberapa kali.

Dengan terpaksa nasib penggunaan OpenSuSe kali ini adalah yang tercepat (sekitar 3 pekan) dan di kembalikan ke Linux Mint kali ini menggunakan versi 19.2 (Tina).

Sayangnya ketika proses inul (install ulang) lupa backup data website yang selama 3 pekan dioprek, yah nasib mau jadi semakin pintar (karena harus mengulang beberapa coding yang dikerjakan ulang). Proses instalasi berjalan lancar, dengan tak terdeteksinya NVIDIA dan Broadcom (WiFi) laptop. Ternyata pengerjaan di Linux Mint terasa lebih mudah, dipandu melalui Welcome Screen, sambungkan ke internet melalui kabel lalu pilih Drivers Proprietary dan klik pada Broadcom (yang disarankan) tunggu lalu restart beres.

Lanjut instal web server sesuai panduan disini lalu login dengan user linux-mint…. klik pada user root lalu berikan passwword dan ubah cara login sebagai native.

Lanjutkan dengan install nvidia-driver-390 melalui software (center), cari dan install.

Beres. Demikian sedikti curhatan hati setelah kehilangan data sekitar 3 pekan, serunya. Selamat mencoba. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.